PENTINGNYA PENGENALAN PEMANFAATAN PEKARANGAN DAN SAYURAN SEJAK DINI

Adik-adik TK RA NU Sumbergempol
Untuk menjadi insan yang mulia diperlukan adanya tingkah laku yang baik, dimana terbentuknya tingkah laku berawal dari kebiasaan dalam berbuat baik. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dimulai dan dipupuk sejak dini, salah satunya adalah kebiasaan dalam melestarikan dan menjaga lingkungan. Anak-anak TK, PAUD  RA NU Terpadu Kec.Sumbergempol sebagai generasi masa depan melakukan kegiatan melestarikan lingkungan dengan melakukan kunjungan ke KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Desa Sumberdadi, yang merupakan kawasan rumah pangan dalam memanfaatkan pekarangan yang ramah lingkungan. 
Penjelasan KRPL Oleh Ibu Titik Sebelum Terjun ke Pekarangan
Ibu Nurhidayah sebagai ketua kelompok wanita tani manggis beserta tim BPP Sumbergempol menyambut gembira kedatangan adik-adik untuk mengenal tanaman yang berada di pemanfaatan pekarangan. Tanaman sayuran yang ditanam antara lain selada, brokoli, gambas, cabe besar dan kriting, terong dan kubis menambah wawasan adik-adik dalam mengenal jenis sayuran, tidak lupa buah-buahan seperti pepaya, klengkeng dan nangka sebagai asupan gizi pelengkap makanan. 

Ibu Suci Menjelaskan tanaman Selada
Ditemani oleh ibu guru dan ayah atau ibu, adik-adik berolahraga berjalan-jalan mengitari rumah warga yang juga masuk dalam kawasan rumah pangan lestari, di setiap perjalanan diperkenalkan macam-macam sayuran  dan keindahan dalam penataan pekarangan. Setelah kembali dari jalan-jalan adik-adik mencoba menanam bibit kedalam polibag, dengan dibantu oleh tim BPP dan kelompok mereka mulai memasukkan bibit yang sudah disediakan kedalam polibag masing-masing yang telah diberi campuran tanah dan kompos. Bibit yang sudah ditanam dengan baik diberikan kepada anak-anak untuk dirawat dirumah dan sebagai pemanfaatan pe
karangan rumah masing-masing. Akhir kegiatan tidak lupa untuk mencuci tangan dan diberikan oleh-oleh bibit Straberi.
Memasukkan Media tanam (Kompos dan Tanah) ke polybag


Ibu Ririn memberi contoh menanam bibit cabe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (M-KRPL)

PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DI KELOMPOK WANITA DESA MIRIGAMBAR DUSUN MIRIDUDO KECAMATAN SUMBERGEMPOL