LKM GAPOKTAN SUMBERGEMPOL MENIMBA ILMU KE KALIDAWIR

Pengurus LKM dan pendamping memnyimak dengan seksama
Dalam meningkatkan kemandirian permodalan kelompok tani di dalam Gapoktan pengelolaan keuangan harus dimanajemen secara baik sehingga mampu mensejahterakan anggotanya dan terus berkelanjutan dalam memakmurakan petani dan keluarganya yang merupakan bagian dari kelompok tani. LKM yang berarti Lembaga Keuangan Mikro merupakan unit usaha di dalam gapoktan yang salah satu tugasnya adalah mendorong dan mengadvokasi anggota agar mau dan mampu melaksanakan kegiatan simpan pinjam guna memfasilitasi pengembangan modal usaha.
Diskusi Bersama


Untuk melaksanakan kegiatan simpan pinjam dalam mengembangkan dan mengelola permodalan diperlukan pengetahuan dan keahlian mendalam serta pengalaman guna meningkatkan kemampuan, motivasi dan mental pengurus. Kegiatan tersebut kedepannya diwujudkan dengan bentuk koperasi guna mewujudkan manfaat bagi anggota dan lingkungan sekitar sehingga para pengurus LKM melakukan studi banding ke koperasi Tunas Harapan yang telah sukses dalam mengelola koperasi. Pengurus LKM di tiga desa di Sumbergempol antara lain desa Bendilwungu, Doroampel dan Wates yang tergabung dengan Gapoktan Sido Maju, Tri Jaya Abadi, Harapan Makmur menimba ilmu dari kesuksesan mengelola koperasi yang asal mulanya juga merupakan dari kelompok arisan dari kelompok pemilihan kepala desa dengan gambar tunas kelapa. 

KSU Tunas Kelapa Jaya

Dalam kunjungan tersebut bapak H.Kuswito,SP memberikan rahasia kesuksesan koperasi yang dipegangnya yaitu motivasi, ilmu dan tindakan. Kesuksesan tersebut berawal dari kesabaran dan pengorbanan pengurus yang selama 2 tahun hanya mengandalkan gaji dari SHU. Dengan Komitmen dan menjaga kepercayaan anggota maka sampai sekarang koperasi serba usaha tunas kelapa jaya berhasil menghimpun dana dengan aset sampai 12 milyar serta diberi kepercayaan pihak lain seperti kerjasama dengan Adira, Telkom dan badan keuangan lainnya. Dalam menunjang kegiatannya pada tahuan 2012 koperasi tunas kelapa juga mendirikan kopmart (Koperasi mini market) dan telah mempunyai cabang di kecamatan pakel.

foto bersama pengurus LKM dan Bpk.H. Kuswito, SP

Dengan melihat kesuksesan koperasi tunas kelapa diharapkan pengurus LKM dapat termotivasi dan semangat dalam mengelola permodalan dalam gapoktan baik dari simpanan anggotan dan sumber lain seperti  dari PUAP. Pengelolaan keuangan yang dimasukkan dalam pengembangan usaha seperti pengelolaan pupuk,  pakan ternak dan ikan bisa melengkapi kegiatan 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (M-KRPL)

PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DI KELOMPOK WANITA DESA MIRIGAMBAR DUSUN MIRIDUDO KECAMATAN SUMBERGEMPOL