Pengendalian penyakit kresek pada tanaman padi di Kecamatan Sumbergempol

Penyemprotan Masal
Di musim hujan di awal tahun 2013 tantangan dalam berbudidaya tanaman padi meningkat, dengan curah hujan yang besar dan seringnya turun hujan maka akan membentuk kondisi dimana penyakit dapat tumbuh subur. Sebagai petani harus berkreasi dalam menghadapi kondisi air dan kelembapan yang terjadi di musim hujan, salah satu langkah adalah dengan memperlebar jarak tanam. Akan tetapi bagi petani yang masih bersifat tradisional maka banyak menyamakan dengan sistem tanam di musim kemarau atau sesuai kebiasaan turun temurun.  
Pembagian Secara Adil
Kecamatan Sumbergempol yang mempunyai areal persawahan yang ditanami padi, berdasarkan laporan dari  petani dan kunjungan lapang oleh penyuluh dan petugas PUPT terdapat tanaman padi yang terkena kresek yang diakibatkan oleh bakteri Xanthomonas atau disebut Hawar daun bakteri ya, disebabkan oleh jamur yaitu penyakit blas yang menyebabkan tengah daun kering berbentuk belah ketupat dan sebagian yang terkena virus tungro dengan ciri daun tanaman padi yang berwarna merah. Desa Junjung, Bendiljati Wetan mendapatkan bantuan berupa bakterisida dengan tambahan formula fungisida guna menanggulangi penyakit kresek yang dapat mengakibatkan kegagalan panen dikarenakan jika dibiarkan tanaman tidak dapat tumbuh baik dan jika terus tumbuh bisa berakibat terkena potong leher yang mempengaruhi pengisian bulir padi.
Pemberian Pestisida
Dengan adanya penyemprotan masal tersebut diharapkan serangan penyakit tidak meluas dan dapat mengurangi beban petani dalam memberantas hama dan penyakit tanaman padi. Pengamatan tanaman secara intensif dari tanaman pinggir dan tengah terus dilakukan berguna dalam melihat kondisi tanaman dan lingkungan sehingga didapat penanganan hama penyakit yang cepat dan berkelanjutan. Upaya pencegahan dengan menerapkan sistem tanam renggang, SRI dan Jajar legowo dapat dikonsultasikan bersama penyuluh pertanian dan petugas PUPT guna mencegah dan membentuk kondisi lingkungan yang aman dari hama dan penyakit. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (M-KRPL)

PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DI KELOMPOK WANITA DESA MIRIGAMBAR DUSUN MIRIDUDO KECAMATAN SUMBERGEMPOL