KEGIATAN PEMBIBITAN KRPL DESA DOROAMPEL


Untuk mewujudkan tujuan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dalam memberdayakan wanita, dalam hal ini di tingkat desa dengan keberadaan KWT atau disebut juga Kelompok Wanita Tani yang berlokasi di Desa Doroampel diharapkan mampu memanfaatkan pekarangan yang selama ini terbengkalai dapat dijadikan sebagai sumber pangan keluarga. 





Pekarangan yang selama ini terlihat kosong dan hanya ditumbuhi ilalang atau hanya diberi tanaman peneduh saja dapat dimaksimalkan menjadi sumber pangan yang menjadikan pengurangan pengeluaran keluarga dan penambahan pendapatan dengan dijualnya tanaman yang berlebih. 




Selain itu dengan makin maraknya makanan yang belum jelas akan keamanannya, dengan menyediakan bahan makanan di pekarangan, kita dapat mengetahui dan mengontrol jenis sayuran atau buah untuk dikonsumsi keluarga kita. Efek samping yang positif dengan beragamnya sayuran dan buah yang kita tanam dipekarangan menambah keindahan pekarangan rumah sehingga menciptakan keasrian dan senang tinggal dirumah.


Pembibitan merupakan tahap awal yang dilakukan KWT Doroampel dalam melangkah untuk mewujudkan tujuan tersebut. Pemanfaatan limbah yang tersedia di desa doroampel seperti kotoran sapi dan kambing dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk media tanam pembibitan. 




Dengan didampingi penyuluh pendamping bpk. Agus Wikanto dan tim BPP Sumbergempol diharapkan transfer teknologi, kemitraan pemasaran dan pembinaan kelompok dapat meningkatkan kualitas kelompok dalam menjalankan program yang akhirnya bukan hanya sekedar program melainkan sudah merupakan pekerjaan rutin dan utama di masing-masing anggota.
Kekompakan dan kerjasama merupakan kunci dalam menjalankan kegitan tersebut dengan menerapkan piket agar dalam pertemuan di setiap kegiatan tidak menggangu kegiatan pokok ibu-ibu dalam mengurus keluarga. Harapan kedepan KWT Doroampel dapat menghasilkan produk pembibitan dan mampu menyediakan bahan pangan organik yang berguna bagi masing-masing anggota dan sekitarnya. 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (M-KRPL)

PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DI KELOMPOK WANITA DESA MIRIGAMBAR DUSUN MIRIDUDO KECAMATAN SUMBERGEMPOL